PENCEGAHAN PENULARAN CORONA VIRUS

Belakangan ini dunia sedang dibuat geger dengan adanya wabah pandemi besar yang bernama Corona Virus atau yang sekarang di sebut Covid-19. Sesuai arahan dan perintah Dirjen Dukcapil untuk menunda dulu segala kebutuhan dengan dokumen Kependudukan yang sifatnya bisa ditunda dulu dan dirasa tidak terlalu penting. Maka dari itu Dukcapil Kulon Progo berupaya mencegah penularan virus Covid-19 tersebut dengan memberikan upaya edukasi pencegahan penularan Virus dengan cara :

1. Sering Mencuci Tangan

Dengan sering mencuci tangan dengan sabun anti virus dan bakteri maupun cairan alkohol akan efektif membunuh virus-virus peneyebab penyakit termasuk Covid-19 yang mana penularan terjadi karena kontak fisik seperti berjabat tangan, bersentuhan dengan benda umum dll.

2. Gunakan Masker

Gunakan Masker sekali pakai, dan lengkapi persediaan masker. Virus dan bakteri bisa menular melalui udara maupun bersentuhan fisik.

3. Hindari Kontak dengan Hewan

Mungkin beberapa orang memiliki hewan piaraan kesayangan namun untuk sementara ini untuk menjauhi dulu intensitas kontak dengan hewan piaraan dan selalu jaga kebersihan hewan maupun kandang hewan piaraan dan hindari kontak dengan hewan liar.

4. Bila Batuk Pilek Sesak Nafas segera ke Faskes

Bila merasa batuk, pilek, demam atau sesak nafas dan gangguan pernafasan yang lain segera pergi ke Fasilitas Kesehatan terdekat dan jangan ditunda tunda.

5. Jangan Konsumsi Daging Mentah

Hindari memakan daging mentah dalam bentuk apapun karena kita tidak akan tahu apakah terdapat virus atau bakteri yang masih hidup di dalam daging mentah.

6. Konsumsi Sayur dan Buah

Konsumsi sayur dan buah untuk menambah keseimbangan gisi serta serat dan meningkatkan daya tahan tubuh kita.

7. Rajin Olahraga dan Istirahat Cukup

Rutin berolahraga agar tubuh sehat dan kuat serta meningkatkan kekebalan imunitas tubuh serta beristirahat yang cukup untuk meningkatkan metabolisme.