PENANDATANAGAN PERJANJIAN KERJASAMA DUKCAPIL DENGAN KEMENAG

Penandatangan Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan untuk memberikan dokumen kependudukan kepada pengantin baru Muslim melalui KUA dilakukan antara Disdukcapil Kulon Progo dengan Kementerian Agama Kulon Progo pada tanggal 14 April 2020. Kegiatan yang berlangsung  di ruang rapat Sermo Pemkab Kulon Progo itu disaksikan oleh Kepala Kemenag Kulon Progo.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dengan adanya perjanjian kerjasama ini diharapkan masyarakat akan lebih mudah mendapatkan dokumen kependudukannya agar data penduduk lebih update dan valid, selain itu kegiatan ini akan lebih mengutamakan efisiensi kepengurusan karena pengantin baru akan mendapatkan dokumen baru berupa KTP-elektronik serta KK baru untuk pengantin dan keluarga pengantin.

Sementara itu, Ahmad Fauzi Kepala Kemenag Kulon Progo dalam sambutanya mengatakan bahwa kita harus mendukung program ini karena dengan perjanjian tersebut akan saling menambah sinergitas kerjasama antar instansi yang sifatnya memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Uniknya lagi rapat ini berlangsung ketika Covid 19 masih mewabah namun tetap memperhatikan kaidah kaidah serta aturan pemerintah untuk duduk dengan jarak 1 meter per kursi dan menggunakan masker serta hand sanitizer. Peserta juga diwajibkan mengenakan masker serta cek suhu tubuh menggunakan termomemter infra red. (PIAK)