TERAPKAN PELAYANAN ONLINE DUKCAPIL MULAI SEPI PENGUNJUNG

Kulon Progo - Melihat semakin melonjaknya kasus positif Covid-19 Dinas Dukcapil membuat kebijakan baru melalui penerapan pelayanan online penuh melalui Whatsapp mulai diterapkan pada Senin 21 September 2020, tindakan ini tentunya perlu diambil mengingat Dinas Dukcapil Kulon progo merupakan Unit Pelayanan Publik yang kerap dikunjungi masyarakat luas baik warga yang berdomisili di Kulon progo maupun warga pendatang dari luar Kulon Progo bahkan dari luar DIY. Dalam upaya mengurangi penyebaran virus Covid-19 tersebut maka seluruh pelayanan dialihkan melalui Whatsapp, dimana pemohon dapat mengajukan permohonan Adminisitrasi Kependudukan dengan mengirim berkas dengan cara di foto maupun di scan. Dokumen yang dikirim akan diproses oleh operator dan pemohon akan mendapat notifikasi balasan WA dari operator bahwa berkas tersebut sudah cukup maupun ada yang perlu untuk dilengkapi lagi, dengan adanya Tanda Tangan Elektronik di dokumen Adminduk maka pemohon tidak perlu lagi datang ke Dinas untuk mengambil berkas karena pemohon dapat mencetak mandiri dokumen tersebut dari rumah yang mana pemohon akan mendapatkan link untuk mendapatkan salinan file elektroniknya.
Nampak dengan pelayanan melalui whatsapp dapat mengurangi jumlah pemohon yang datang ke Dinas dan memudahkan masyarakat sehingga mereka tidak perlu lagi jauh jauh menuju ke dinas. (PIAK)