FORUM GROUP DISCUSSION STANDAR PELAYANAN AKURAD, Aksi Kalurahan Ramah Adminduk

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kulon Progo senantiasa berinovasi untuk dapat memberikan pelayanan yang efisien dan efektif kepada masyarakat. Kali ini, inovasi yang diangkat terkait pelaporan kelahiran dan kematian dengan mengikutsertakan pamong kalurahan dalam pelaporannya. Dalam setiap pelayanan, harus disertai dengan Standar Pelayanan dan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Berdasarkan Peraturan MenPAN dan RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan dinyatakan bahwa dalam penyusunan dan penetapan standar pelayanan harus memperhatikan prinsip sederhana, partisipatif, akuntabel, berkelanjutan, transparansi dan keadilan. Untuk memenuhi prinsip partisipatif, Dinas Kependudukan dan Pencatatan SIpil mengadakan Forum Group Discussion (FGD) penyusunan standar pelayanan AKURAD (Aksi Kalurahan Ramah Adminduk). Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 3 Juni 2021 bertempat di Ruang Rapat Dinas PMD Pemdes Dalduk&KB dihadiri oleh akademisi (Universitas Janabadra), lembaga profesi (IBI Kulon Progo), LSM (Paguyuban Lurah dan Pamong se-Kab Kulon Progo), tokoh masyarakat dan pegawai Disdukcapil Kulon Progo. Di akhir acara, perwakilan peserta menandatangani Berita Acara FGD Penyusunan Standar Pelayanan AKURAD.

Tujuan keikutsertaan masyarakat dalam forum pembahasan bersama ini untuk menyelaraskan kemampuan penyelenggara pelayanan dengan kebutuhan/kepentingan masyarakat dan kondisi lingkungan, guna mengefektifkan penyelenggaraan pelayanan yang berkualitas. Pembahasan draft Standar Pelayanan ditujukan untuk membangun kesepakatan, kompromi antara harapan masyarakat dan kesanggupan penyelenggara pelayanan, terutama menyangkut kemampuan yang dimiliki.