Dukcapil Menyapa Masyarakat – Pelaporan Kelahiran dan Kematian Makin Mudah Melalui “AKURAD”

Kulon Progo - Dinas Dukcapil Kulon Progo kembali mengadakan program Dukcapil Menyapa Masyarakat bersama Radio Megaswara 93.8 FM untuk memberikan sosialisasi mengenai inovasi Akurad (Aksi Kalurahan Ramah Administrasi Kependudukan). Sosialisasi ini dipandu oleh Indrajati selaku penyiar Radio, dengan narasumber Drs. Bintoro, MM selaku Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil dan Dra. RR. Siti Arifiati selaku Kepala Bidang Pelayanan Penduduk.

Bintoro menyampaikan dengan adanya inovasi Akurad, akan mempermudah masyarakat dalam melaporkan kelahiran dan kematian karena saat ini sudah bisa dilaporkan di kantor kalurahan setempat tanpa harus datang ke kantor Disdukcapil. Kemudian dokumen kependudukan seperti KK, KIA, Akta kelahiran, dan Akta Kematian dapat diambil di kantor Disdukcapil atau dikirimkan langsung ke alamat masing-masing melalui Kantor Pos dengan biaya Rp. 10.000,- .

Arifiati menambahkan bahwa dengan adanya inovasi ini turut mengurangi adanya kerumunan di kantor Disdukcapil sehingga dapat mengurangi resiko penularan Covid-19.

Video kegiatan DMM ini telah diunggah di channel youtube resmi Dinas Dukcapil Kulon Progo.

(PIAK)