LAUNCHING ANJUNGAN DUKCAPIL MANDIRI “ADM”

Acara Launching Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) pada hari Selasa 21 September 2021 di Mal Pelayanan Publik Kulon Progo dihadiri oleh Bupati Kulon Progo Bapak Drs. H. Sutedjo, Staf Ahli Bupati bidang KSDM Bambang Sutrisno S. Sos M. Si, kepala DPMPT Agung Kurniawan SIP M.Si, Wakil dari Dinas Kominfo Cahyono, Pemimpin Cabang Bank BPD Wates Suroso, Panewu Anom Kapanewon Wates, Ketua Bodronoyo, serta pemohon Galih Pitoyo dari Sentolo, serta dihadiri Kadis Dukcapil Kab Kulon Progo dan jajarannya.

Sebagai implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 7 tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring, maka Dinas Dukcapil Kabupaten Kulon Progo berusaha untuk memberikan pelayanan yang semakin mendekatkan dan memudahkan masyarakat, dengan penerapan pelayanan secara online dan pencetakan dokumennya bisa dilakukan secara mandiri oleh pemohon dengan memanfaatkan ADM.

ADM yang diresmikan penggunaannya oleh Bupati Kulon Progo merupakan hadiah/bentuk apresiasi dari Menteri Dalam Negeri RI melalui Dirjen Dukcapi Kemendagri, dikarenakan Dinas Dukcapil memperoleh penghargaan Kategori Dukcapil BISA Ranking I dengan nilai A untuk kriteria Kabupaten dengan jumlah penduduk rendah (kurang dari 500.000 jiwa).

Bupati berharap bahwa ADM tersebut berfungsi sebagai salah satu fasilitas cetak dokumen kependudukan (KTP-el, KIA, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Kematian, dll) bagi warga secara mandiri, sebagai upaya mendekatkan dan memudahkan bagi masyarakat Kulon Progo.

Demo pencetakan Akte kelahiran, KK dan KIA dilakukan oleh warga Sentolo Galih Pitoyo yang mengurus Akte kelahiran 3 in 1 bagi anaknya.

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan mesin ADM:

  1. Pemohon melakukan pendaftaran akun ADM ke petugas dan mengajukan permohonan dokumen kependudukan melalui Aplikasi Lakonku (https://lakonku.dukcapil.kulonprogokab.go.id) atau datang secara langsung ke Dinas Dukcapil.
  2. Petugas memproses permohonan pendaftaran ADM dengan memasukkan NIK, no telepon dan email.
  3. Pemohon menerima email pemberitahuan akun berupa PIN dan QR code untuk login ADM.
  4. Petugas melakukan verifikasi dan validasi pengajuan pencetakan dokumen.
  5. Jika sudah terverifikasi dan tervalidasi pemohon akan mendapatkan akun berupa PIN dan QR code untuk mencetak dokumen.
  6. Pemohon melakukan login ke Mesin ADM dengan QR code atau sidik jari atau memasukkan NIK dan PIN Login.
  7. Pemohon mencetak Dokumen Kependudukan dengan Mesin ADM dengan PIN dan QR code yang sudah dikirimkan melalui email.