LAUNCHING ANJUNGAN DUKCAPIL MANDIRI (ADM) DI KALURAHAN BANJARARUM

Warga Kalurahan Banjararum dan sekitarnya sekarang sudah bisa melakukan cetak mandiri untuk dokumen kependudukan seperti akta kelahiran, akta kematian, KK, KTP-el dan KIA melalui mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Fasilitas ADM ini diresmikan pada tanggal 20 Januari 2022 oleh Bupati Kulon Progo. Acara launching ADM ini dihadiri oleh Bupati Kulon Progo, Pimpinan Bank BPD DIY Cabang Wates, Kepala Kominfo, Panewu Kalibawang, Panewu Nanggulan, Panewu Girimulyo dan Panewu Samigaluh serta perangkat desa di wilayah Kapanewon Kalibawang.

Dalam laporannya Kepala Dinas Dukcapil menyampaikan dengan adanya ADM ini menjadi salah satu fasilitas yang dapat menjadi solusi meningkatkan pelayanan dokumen kependudukan menjadi lebih dekat kepada masyarakat, lebih mudah dan praktis. Sebelum menyaksikan pencetakan dokumen kependudukan oleh pemohon, Bupati Kulon Progo menyampaikan bahwa data kependudukan merupakan variabel yang menentukan keberhasilan pembangunan, sehingga penting untuk meningkatkan kualitas data kependudukan. Mesin ADM ini merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank BPD DIY pada tahun 2021. Hal ini menjadi wujud perhatian Bank BPD kepada masyarakat, dimana Bank BPD DIY saat ini sedang berkampanye tentang produk-produk digital. Dalam kesempatan ini Pimpinan BPD DIY Cabang  Wates menyampaikan rasa terimakasih atas kerjasama yang telah terjalin, Bank BPD DIY Cabang Wates dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, dan selalu berusaha untuk meningkatkan kerjasama agar bisa meningkatkan pelayanan yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Launching ADM ini ditandai dengan pencetakan dokumen kependudukan oleh 3 (tiga) orang masyarakat untuk melakukan permohonan pelayanan adminduk. Harapannya, dengan adanya mesin ADM yang ditempatkan di Kalurahan Banjararum ini menjadi salah satu hal yang dapat meningkatkan pelayanan kependudukan, khususnya dokumen kependudukan yang menjadi hak dari masyarakat. Dengan hadirnya mesin ADM ini diharapkan dapat memudahkan dalam proses pencetakan dokumen kependudukan terutama masyarakat Kabupaten Kulon Progo di wilayah utara.