Rencana Kerjasama dengan YAKKUM dalam Sinergitas Menuju Penduduk Rentan Tertib Adminduk

Kamis, 14 April 2022

Pelaksanaan pendataan penduduk yang teridentifikasi sebagai ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa) telah dilakukan oleh Pusat Rehabilitasi YAKKUM (Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum) Yogyakarta. Hasil sample daripada pendataan ODGJ diwilayah Kabupaten Kulon Progo terhitung sekitar 346 penduduk. Pendataan tersebut dilakukan pada dua Kapanewon yaitu, Kapanewon Pengasih dan Kapanewon Temon. Jumla tersebut tergolong cukup banyak hal ini dikarenakan jumlah penduduk keseluruhan di Wilayah Kapanewon Pengasih dan Temon juga demikian banyaknya.

Rencana aksi kerjasama Pusat Rehabilitasi YAKKUM dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melibatkan beberapa Instansi/OPD. Instansi/OPD yang dimaksud antara lain, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Peranan Dinas Dukcapil dalam penyelenggaraan kerjasama ini antara lain untuk melakukan pelayanan pendaftaran penduduk bagi ODGJ yang belum memiliki dokumen Kependudukan. Beberapa rencana tahapan pelayanan pendaftaran penduduk telah dirumuskan dalam pembahasan antara pihak YAKKUM dan Dinas Dukcapil Kulon Progo antara lain, mulai dari pemilahan data ODGJ hingga persyaratan permohonan dokumen kependudukan bagi ODGJ yang telah terdata oleh YAKKUM.

Adanya kerjasama ini kedepannya, diharapkan dapat menjadi tolak ukur kelayakan dan hak yang sama bagi penduduk ODGJ dengan masyarakat umum. Khususnya bagi Dinas Dukcapil Kulon Progo, hal ini diharapkan dapat membantu dalam pencapaian target kepemilikan dokumen kependudukan bagi penduduk rentan administrasi kependudukan juga mewujudkan ketertiban masyarakat pada administrasi kependudukan pada umumnya.