RAPAT MoU INTEGRASI DATA KEPENDUDUKAN DENGAN KEMENAG DAN KUA

Kemenag dan KUA pada 12 Kapanewon di Kabupaten Kulon Progo melakukan rapat tindak lanjut MoU mengenai Integrasi Data Kependudukan dengan Dinas Dukcapil Kulon Progo. Sebagai tindak lanjut awal MoU Integrasi Data, yaitu adanya Perjanjian Kerjasama yang akan memuat Integrasi Data Perkawinan dan Data Pelayanan Adminduk.

Dalam Integrasi data perkawinan ini, data perkawinan lama yang nantinya akan dilaksanakan penyandingan data perkawinan dari KUA dan Disdukcapil yang disajikan dalam bentuk excel. Sedangkan untuk data perkawinan baru, pelaporan data perkawinan diinput melalui www.siaksimkah.jogjaprov.go.id dengan isian NIK Pengantin, Nomor Buku Nikah, dan Tanggal Perkawinan.

Terhadap pelayanan Adminduk, Dinas Dukcapil menggunakan Dukcapil Mobile untuk penyerahan KK dan KTP-el saat selesai pencatatan perkawinan. Sedangkan untuk penyerahan dokumen kependudukan yang tidak bisa dilakukan dengan dukcapil mobile, akan dilaksanakan di Kecamatan.

Dalam hal terjadi perbedaan nama calon pengantin, ataupun nama wali pengantin, maka diselesaikan terlebih dahulu dengan mengacu pada data yang ada di akta kelahiran.

Selanjutnya dalam rapat tersebut diperoleh kesimpulan bahwa Disdukcapil akan melaksanakan uji coba pelayanan dengan Dukcapil Mobile ke wilayah Kecamatan Kalibawang (sebagai pilot project), dan Integrasi data perkawinan dari 12 KUA ke Dinas Dukcapil.

Terkait jadwal Dukcapil Mobile untuk pelayanan ke 12 KUA se Kabupaten Kulon Progo, dan  adanya loket khusus untuk pelayanan kependudukan yang merupakan pemohon dari rekomendasi KUA akan dikoordinasikan lebih lanjut terlebih dahulu. (PIAK)