UJI COBA IMPLEMENTASI SIAK SIMKAH

Menindaklanjuti MoU antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan Kemenag yang ditindaklanjuti dengan PKS perjanjian kerjasama antara Dukcapil Kulon Progo dan KUA kec/kap se Kabupaten Kulon Progo merupakan terobosan Dinas Dukcapil untuk mengimplementasikan Inovasi Kacar Kucur (Perkawinan Lancar Dokumen Meluncur) yg selama ini diarahkan bagi pasangan pengantin non muslim, saat ini dapat dilaksanakan bagi pasangan pengantin muslim untuk melengkapi dokumen yg berhak diterima oleh pengantin yaitu kutipan akta nikah bagi kedua mempelai. KUA dan Disdukcapil menyerahkan dokumen berupa KK bagi ortu pengantin pria dan wanita serta pasangan pengantin sendiri maupun KTP el bagi kedua mempelai yg sdh berubah statusnya menjadi "kawin".

Prosedur pemberian dokumen dilakukan dengan mobil pelayanan DUKCAPIL MOBILE setting lokasi serta sarana dan prasarana yang digunakan untuk mencetak dokumen termasuk setting jaringan. Dokumen kependudukan dapat diterbitkan langsung ssaat peristiwa pencatatan dan akad nikah telah selesai dilakukan. KUA Kalibawang juga membuat terobosan branding dengan nama "SI DANIK DUDUK MANIS" yaitu Integrasi Data Pernikahan-Kependudukan Suami dan Istri. 

Aspiyah, Kepala Dinas Dukcapil turut hadir bersama Kapanewon Kalibawang, Kapolsek Kalibawang dalam acara uji coba implemntasi tersebut. Aspiyah juga menyerahkan langsung dokumen kependudukan yang baru bagi kedua pasangan mempelai maupun kedua orang tua mempelai. (PIAK)