Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP_el) Berlaku Seumur Hidup dan tidak diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya.


Polling Website

Menurut anda, bagaimana penampilan website dinas dukcapil

Artikel Terakhir

Calendar

« Nov 2019 »
M S S R K J S
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
1 2 3 4 5 6 7

Statistik Website

v2_mod_v2_mod_visitcounterVisitors Online23
v2_mod_v2_mod_visitcounterHits5139300
v2_mod_v2_mod_visitcounterToday0
v2_mod_v2_mod_visitcounterYesterday0
v2_mod_v2_mod_visitcounterThis week0
v2_mod_v2_mod_visitcounterThis month0
v2_mod_v2_mod_visitcounterAll days747192

SOSIALISASI TANDA TANGAN ELEKTRONIK (TTE) PADA REGISTER DAN KUTIPAN AKTA PERKAWINAN

SOSIALISASI TANDA TANGAN ELEKTRONIK (TTE) PADA REGISTER DAN KUTIPAN AKTA PERKAWINAN#

Dinas Dukcapil Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Sosialisasi Tanda Tangan Elektronik (TTE) pada Register dan Kutipan Akta Perkawinan yang bertempat di Wisma Karya Kasih komplek Gereja Katolik Wates, Kamis 10 Oktober 2019. Sosialisasi dibuka oleh Romo Heribertus Suprihadi, Pr., Pastor Paroki Wates, dilanjutkan dengan sambutan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kulon Progo, Ir. Aspiyah, M.Si. Sosialisasi disampaikan oleh Tri Aryani, S.H, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan.

Penerapan TTE Pada Kutipan Akta Perkawinan dilaksanakan dalam rangka melanjutkan penerapan terhadap Kutipan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang sebelumnya. Pencatatan perkawinan dilaksanakan berdasarkan Surat keterangan telah terjadinya perkawinan dari pemuka agama /pendeta atau surat perkawinan Penghayat Kepercayaan yang ditanda tangani oleh Pemuka Penghayat Kepercayaan.

Pasangan suami dan isteri mengisi formulir pencatatan perkawinan pada Instansi Pelaksana (dalam hal ini Dinas Dukcapil) dengan melampirkan persyaratan. Setelah data calon mempelai dan data dari Pemuka Agama serta Saksi sudah diinput di Aplikasi SIAK beserta dokumen pendukung, selanjutnya akan dilaksanakan:

  1. Pengajuan sertifikasi elektronik perkawinan
  2. Verifikasi sertifikasi elektronik perkawinan
  3. Hasil Verifikasi data menunggu aproval dari Kepala Dinas untuk ditandatangani dengan TTE.

Kelebihan dari penerapan Dokumen TTE ini, yaitu dokumen dapat ditandatangani secara elektronik oleh Pejabat Pencatatan Sipil dimana saja dan kapan saja, sehingga lebih efisien dan efektif. Adapun dokumen hanya dapat ditandatangani setelah peristiwa penting terjadi, hal ini dikarenakan dalam sistem aplikasi sudah menampilkan waktu penandatanganan dokumen. Dengan adanya penerapan TTE ini, dan apabila disertai dengan kelengkapan sarana prasarana penunjangnya, Aspiyah berkomitmen nantinya kutipan akta perkawinan dapat diberikan langsung ditempat setelah peristiwa perkawinan dilaksanakan seperti apa yang menjadi harapan warga selama ini.

Berita Terkait : Berita